Social Icons

Pages

Kamis, 09 Januari 2014

Jasa terjemah bahasa alternatif, Bing (Microsoft) Translator

Internet ibarat perpustakaan terbesar di dunia, tetapi bagi sebagian kita mungkin terkendala dengan masalah bahasa. Tidak setiap tulisan bisa kita pahami karena masalah bahasa. Tetapi dengan adanya jasa penerjemah online gratis, masalah itu mulai bisa diatasi, salah satu yang tergolong baru adalah Bing Translator (Microsoft Translator).
Sebagian kita mungkin sudah terbiasa dengan Google Translate, yang memberikan fitur terjemah bahasa (text) dan website secara otomatis. Penggunaan yang relatif mudah serta memberikan terjemahan ke dan dari 60 bahasa atau lebih.
Sebenarnya ada alternatif yang tidak kalah canggih dengan yang diberikan Google Translate, yaitu Bing Translator ( Microsoft Translator). Seperti namanya, jasa terjemahan online ini disediakan oleh Microsoft yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Tetapi belum lama ini cukup banyak peningkatan fitur dan kemampuan. Terakhir saya melihat Bing Translator, ketika itu belum mendukung atau belum tersedia bahasa Indonesia, tetapi kini Bahasa Indonesia sudah tersedia, dan sudah mendukung hampir 40 bahasa.
Tampilan Bing Translator saat ini juga lebih mudah digunakan, hampir menyerupai Google translate. Tetapi tidak hanya terjemah text saja, Bing Translator juga memberikan fitur-fitur lainnya. Fitur-fitur lebih detailnya antara lain :
  • Terjemah langsung tulisan atau website baik memilih bahasa sendiri atau deteksi bahasa secara otomatis
  • Terjemah website bisa ditampilkan dalam beberapa tampilan, baik terjemahannya saja, side by side (halaman asli dan terjemahan tampil bersamaan), atas dan bawah dengan terjemahan tampil ketika mouse diarahkan ke text
  • Translate secara real time bagi pengguna Windows Live Messenger
  • Bagi pengembang bisa mengintegrasikan fitur terjemahan ke aplikasi (software)
  • Menambahkan widget terjemahan ke website atau blog
Setelah mencoba, hasil terjemahan dari Inggris ke Indonesia cukup bersaing dengan hasil terjemahan Google Translate. Di sebagian tempat terlihat google lebih unggul, tetapi di tempat lain Bing sedikit lebih unggul. Dan mungkin kedepan kedua-duanya akan menghasilkan terjemahan yang semakin baik.
Fitur terjemahan yang ditampilkan dalam bentuk side by side juga cukup memudahkan dan membantu bagi yang ingin membaca terjemahan tetapi juga sekaligus melihat tulisan aslinya. Terutama yang sekaligus ingin belajar.
Memang saat ini hanya tulisan (text) dan website saja yang baru didukung (belum bisa terjemah dokumen seperti ketika menggunakan Google Translator Toolkit). Semoga kedepan fitur ini juga bisa disediakan. Kemudian, terlepas dari kekurangan hasil terjemahan (karena terjemah memang proses yang tidak mudah), hadirnya Bing Translator ini semakin memperkaya referensi dan bahasa harusnya bukan menjadi penghalang untuk belajar lebih banyak dari Internet.
Satu lagi tambahan informasi, jika pernah menggunakan jasa terjemahan dari Yahoo, Babel Fish, maka saat ini pengguna Babel Fish akan langsung diarahkan ke Bing Translator. Tetapi tidak perlu khawatir, karena Bing Translator sudah mempunyai fitur dan kemampuan yang lebih baik daripada Babel Fish, terutama dari segi fungsionalitas jasa yang disediakan. Ingin mencoba? kunjungi langsung Microsoft Translator.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar