Social Icons

Pages

Kamis, 09 Januari 2014

Kecilkan ukuran PDF dengan ORPALIS PDF Reducer Free Edition

Bagi yang mempunyai banyak dokumen PDF dan ingin di upload atau dikirim melalui internet, biasanya harus berfikir ketika ukuran PDF terlalu besar. Selain proses unggah (upload) yang lebih lama, proses unduh (download) oleh pengguna juga akan lebih lama. Disinilah dibutuhkannya sebuah software untuk memperkecil (kompresi) dokumen PDF.

Ketika menyimpan dokumen dari Microsoft Word 2007 keatas menjadi PDF, ada 2 pilihan opsi, yaitu Standard (untuk dicetak) dan Minimum size agar ukuran PDF lebih kecil. Tetapi bagaimana jika kita sudah mempunyai dokumen PDF dan ingin mengecilkan ukurannya tanpa perlu mengubah dulu ke word? Salah satu software gratis yang bisa digunakan adalahORPALIS PDF Reducer. Tersedia 2 edisi, dan yang saya ulas adalah yang edisi gratis (Free Edition).
pdf-reducer
Meskipun di versi gratis ini ada beberapa keterbatasan, seperti misalnya muncul pesan tambahan setiap kali program dijalankan serta tidak mendukung multi threading untuk pemrosesan banyak dokumen, tetapi dari segi fiturnya tidak berbeda dengan versi berbayar, sehingga versi gratis-pun sudah mencukupi.
Penggunaan program ini relatif mudah, hanya saja ketika dijalankan pertama kali, opsi bawaannya adalah membuka folderbukan dokumen atau file PDF. Untuk mengubah opsi ini, silahkan buka menu Options, kemudian dari tab General, bagianInput mode pilih saja Files Selection. Sehingga ketika kita bisa memilih sumbernya adalah dokumen PDF.
pdf-reducer-options
Dari halaman utama program ini, kita bisa memasukkan dokumen pdf melalui tombol dibagian kanan isian Source, kemudian atur juga isian Destination. Setelah itu tinggal klik tombol Start Batch, maka proses kompresi PDF akan segera berjalan dan setelah selesai (yang biasanya hanya memerlukan waktu beberapa detik) akan ditampilkan informasi ukuran PDF keluarannya dan berapa persen ukuran PDF dikurangi dari ukuran aslinya.
Setelah mencoba beberapa file PDF, hasil  dari ORPALIS PDF Reducer Free Edition memang cukup bagus dan semuanya bisa dibuka tanpa ada masalah. Hasilnya keluaran PDF mempunyai ukuran yang lebih kecil dari aslinya, bervariasi mulai dari 20% sampai 36% lebih kecil dari ukuran aslinya, dan mungkin bisa lebih kecil lagi tergantung konten dokumen PDF didalamnya dan pengaturan opsinya.
Jika ingin mencoba-coba dengan berbagai opsi yang lain, agar bisa didapatkan ukuran PDF yang jauh lebih kecil. Silahkan buka menu Options untuk melihat opsi apa saja yang tersedia dalam melakukan kompresi dokumen PDF.
Download ORPALIS PDF Reducer Free Edition (14.4 MB)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar