Social Icons

Pages

Sabtu, 15 September 2012

Perbedaan Microsoft Office Versi Tablet dan Versi Desktop

Sejak diperkenalkannya Windows RT alias Windows 8 tablet yang dibuat khusus untuk processor ARM, Microsoft mengumumkan bahwa Windows RT akan dibundle dengan Microsoft Office. Sejak saat itu mulai banyak yang bertanya-tanya, apa sih bedanya Microsoft Office versi desktop dan Microsoft Office versi Tablet (Office RT)?


Bundle Office untuk Windows RT?

Windows RT dibundle dengan Microsoft Office yang terdiri dari Word, Excel, PowerPoint dan One Note.

Nilai Plus Office untuk Windows RT?

Hemat Baterai
Windows RT akan digunakan di tablet dimana baterai menjadi faktor yang penting. Microsoft Office untuk tablet didesain secara khusus agar lebih hemat baterai.
MS Office untuk Windows RT “tahu” kapan saatnya untuk “memperkerjakan” CPU dan kapan saatnya mengistirahatkannya. Jika user tidak melakukan aktifitas di MS Office, maka secara otomatis Office akan “menidurkan” CPU agar tidak boros baterai.
Selain itu, tablet sangat berbeda dengan PC. Jika di PC kebanyakan hardware seperti CPU, Graphic Card, Network Adapter, dan komponen lainnya itu terpisah-pisah..di sistem ARM semuanya menjadi satu chip yang terintegrasi. MS Office untuk Windows RT dioptimasi untuk memanfaatkan integrasi ini sehingga bisa lebih hemat baterai.
Menggunakan Resource yang Lebih Minim
Office versi desktop selalu membuat informasi temporary yang disimpan di memory untuk mempercepat respon software ketika digunakan (caching).
Di Office untuk Windows RT, caching dilakukan dengan lebih fleksibel. Office akan mendeteksi apakah user menggunakan office secara aktif, jika tidak..maka office akan otomatis membebaskan memory dari cache yang dibuatnya.
Membutuhkan Space yang Lebih Kecil
Windows RT secara umum berjalan di SSD drive. Walaupun SSD drive ini memang jauh lebih cepat dan hemat baterai, namun untuk saat ini masih terbilang mahal. Karena itu kapasitas penyimpanan Windows RT Tablet juga masih tergolong kecil, yaitu sekitar 16GB.
Untuk itu Office RT tidak menyimpan templates, clipart dan file lainnya di hardisk. Office akan menempatkannya secara online dan juga via start center.
Selain itu Office untuk Windows RT ini hanya akan menyimpan language pack yang digunakan oleh user. Untuk yang tidak digunakan akan otomatis dihapus oleh sistem.
Dilengkapi Network Monitor
Koneksi pengguna tablet rata-rata menggunakan provider yang seringkali, volume based. Untuk mencegah jebolnya biaya internet si pengguna, Office untuk Windows RT dilengkapi dengan network monitor. Jika bandwidth yang digunakan sudah mendekati limit, Office akan menampilkan pesan untuk mematikan roaming atau tetap menghidupkannya.
Mendukung Touch Screen
Walaupun Office 2013 untuk Desktop juga mendukung touch screen, tetapi Office untuk Windows RT lebih dikhususkan lagi untuk layar sentuh dan sudah aktif secara default.

Tampilan MS Office RT vs MS Office

Secara tampilan, keduanya tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah tampilan antara MS Office Word 2013 dan MS Office Word 2013 RT
MS Office Word 2013
MS Office Word 2013
MS Office Word 2013 RT
MS Office Word 2013 RT
Masih mirip khan jika dari segi tampilan?
Itu dia beberapa perbedaan antara MS Office 2013 untuk Desktop dan MS Office 2013 RT untuk tablet.
Bagi yang pengen mencoba MS Office 2013, bisa mendownload versi Consumer Previewnya secara gratis disini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar