Social Icons

Pages

Senin, 09 Juli 2012

Mencegah Serangan Internet DNSChanger 9 Juli 2012

Mencegah Serangan Internet DNSChanger 9 Juli 2012

Mencegah dan Mengatasi Serangan Internet DNSChanger (DoomsDay 9 July 2012)

Tepatnya 9 Juli 2012, sekitar 500 ribu peranti keras yang terinfeksi bisa mati total karena serangan malware DNS. DNS atau Domain Name System adalah layanan Internet yang mengubah nama domain yang kita ketik di browser seperti www.wahyu-winoto.com menjadi kode angka (IP), sehingga antarkomputer bisa saling berkomunikasi antar IP tersebut.
Tapi, sejumlah penjahat telah menginfeksi dunia cyber dengan malware bernama DNSChanger. Virus ini memungkinkan penjahat dunia maya bisa mengendalikan server DNS. Akibatnya pencoleng jagat cyber ini bisa mengacaukan akses Internet pemilik komputer dan membahayakan interaksi antarkomputer yang telah terinfeksi.

Menurut Msn.com, FBI menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penonaktifan internet pada tanggal 9 Juli mendatang. FBI menyebut hari tersebut dengan sebutan Internet Doomsday. Mengapa FBI ingin mematikan internet pada tanggal 9 Juli? Hal tersebut dikarenakan laporan sebuah serangan trojan yang akan menyapu bersih semua jaringan internet dunia seperti tsunami.

Trojan yang bernama DNSCharger Trojan tersebut merupakan ciptaan dari cybercriminal dari Estonia. Trojan ini akan menginfeksi semua PC berbasis Windows dan Mac serta merusak router yang terhubung dengan internet. Sekarang ini menurut catatan Internetidentity.com, terdapat 4 juta komputer dan router yang terhubung dengan internet.

DNSCharger Trojan juga pernah melumpuhkan kurang lebih 500 ribu PC windows dan Mac di tahun 2007 silam. Oleh karenanya, FBI menyarankan agar pengguna internet untuk melakukan langkah-langkah antisipasi sebelum tanggal 9 Juli mendatang.

Cara Mencegah Serangan Internet DNSChanger 9 Juli 2012

1. Menggunakan atau mengaktifkan antivirus terbaik di dalam perangkat komputer
2. Memeriksa sistem dalam komputer yang terhubung dengan internet, untuk memastikannya silahkan buka website berikut untuk diagnosa PC anda : www.dns-ok.us

Halaman web tersebut akan menunjukkan apakah komputer terjangkit malware ataukah tidak. 

Jika tertulis DNS Resolution = Green, berarti komputer aman. 
Tapi jika DNS Resolution berwarna merah, hati-hati itu indikator awal terinfeksi.

Mencegah Serangan Internet DNSChanger 9 Juli 2012
Hijau; Indikasi bahwa komputer aman dari DNSChanger

Tak hanya situs www.dns-ok.us, Google pun membuat sebuah aplikasi yang memperingatkan ancaman ini. Untuk memastikannya silahkan buka :

http://www.google.com/ncr

Mesin pencari raksasa ini akan menampilkan peringatan bagi komputer yang terindikasi kena malware. Dalam peringatan tersebut, Google juga menambahkan tautan untuk menghapus serangan malware.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar