Social Icons

Pages

Rabu, 04 Juli 2012

nanoCAD, Software CAD gratis + lengkap alternatif AutoCAD

Bagi Mahasiswa atau Pelajar yang terjun di dunia teknik (arsitektur) atau design mungkin tidak asing dengan software AutoCAD. Tetapi harga (lisensi) mungkin menjadi batasan bagi sebagian yang ingin menerjuni serius dunia ini. Kini ada alternatif gratis software CAD yang juga kaya dengan berbagai fitur design, yaitu nanoCAD.

Dengan nanoCAD, pengguna juga bisa membuat design sebagaimana halnya menggunakan autoCAD, bahkan langsung bisa membaca file autoCAD .dwg. Berbagai fitur yang terdapat di autoCAD banyak yang juga tersedia di nanoCAD. Dan yang lebih penting, nanoCAD ini software gratis dan bebas digunakan baik untuk pribadi, komersial (corporate), professional atau sekedar untuk pendidikan (edukasi).


Beberapa fitur nanoCAD antara lain:
  • Kemampuan sebagai software design 2D/3D dengan antarmuka yang familiar serta mendukung format .dwg secara penuh.
  • Menu, commadn line, area gambar yang tersedia dibuat serupa dengan software CAD populer untuk kemudahan penggunaan
  • Tersedia lebih dari 450 perintah (commands), mulai dari menu, toolbar serta command line
  • Fitur keamanan data untuk mencegah dari kerusakan baik oleh kesalahan software atau hardware
  • Menggunakan format yang sama dengan software CAD lainnya (.dwg), sehingga bisa bekerjasama meski dengan sofware yang berbeda
  • Sistem koordinat yang kaya fitur,semisal tersedia Kartesian dan koordinat kutub, bisa diatur relative atau absolute dan lainnya.
  • Organisasi dokumen berdasarkan layer dengan masing-masing layer yang mempunyai banyak opsi
  • Menyertakan berbagai toolsets untuk membuat dan edit berbagai design 2D
  • Mampu menangani banyak baris text dan Paragraf dengan berbagai forat font yang merupakan bagian dari fitur penanganan documen.
  • Berbagai fitur kompleks lainnya

Melihat berbagai fitur dan tampilan nanoCAD, mungkin software ini merupakan alternatif gratis yang paling lengkap dan ada saat ini. Sehingga bagi yang terkendala dengan masalah harga atau lisensi, nanoCAD merupakan alternatif yang patut dicoba. Kita juga bisa melihat perbandingan sekilas (versi nanoCAD) antara nanoCAD, auotCAD 2012 dan juga AutoCAD 2012 LT di halaman nanoCAD comparison.
Untuk mendapatkan software ini, kita harus melakukan registrasi (gratis, hanya memerlukan nama dan email saja). Silahkan kunjungi website nanoCAD untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan download software ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar